Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Peluang Bisnis Langkah Cerdas Membangun Bisnis Online Melalui Akun LinkedIn Anda!

Langkah Cerdas Membangun Bisnis Online Melalui Akun LinkedIn Anda!

-

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn merupakan salah satu dari jutaan sosial media yang banyak digunakan oleh orang di dunia ini. Sebanyak hampir lima ratus juta orang menggunakan LinkedIn, dan tentunya ada banyak peluang untuk membangun bisnis online Anda, melihat peluang yang satu ini.

Karena itu gunakanlah fitur-fitur yang ada di LinkedIn untuk membangun bisnis online Anda.

Lalu, bagaimanakah cara membangun bisnis melalui akun LinkedIn Anda?

Yuk, simak liputannya!

LinkedIn, Sebuah Sosial Media yang Bermanfaat

akun-linkedin-1

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia, tempat mengembangkan jaringan profesional, melebihi Facebook Workplace, Yammer dan Slack yang pada umumnya dipergunakan secara internal saja.

Saat ini, pengguna LinkedIn mencapai lima ratus juta orang dan 250 juta orang yang merupakan pengguna aktif sudah mengakses sosial media yang satu ini.

Melihat fenomena yang satu ini, tentunya dapat dimanfaatkan untuk menemukan pekerjaan magang atau semakin menanjakkan karir Anda, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, atau bisa juga mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk karir atau untuk menjalankan roda bisnis.

Sebuah profil dari akun LinkedIn yang lengkap dapat membantu Anda terhubung dengan peluang, dengan cara menampilkan fakta-fakta profesional yang unik, melalui pengalaman, keterampilan sekaligus pendidikan yang juga didukung oleh aktivitas Anda di akun tersebut, seperti bergabung dengan suatu kelompok, grup atau page tertentu, menulis artikel, memposting foto dan video bermanfaat yang berhubungan dengan keprofesionalan dan masih banyak lagi.

Itulah manfaat akun LinkedIn. Memperkenalkan diri Anda dari segi keprofesionalan, sekaligus aspek-aspek kehidupan yang lain serta bisa mencamtumkan profil bisnis yang menjadi sampingan Anda.

Lalu, bagaimanakah cara memanfaatkan akun LinkedIn untuk membangun bisnis online?

Yuk, simak liputannya yang satu ini!

1. Buat Profil Anda!

Apa fungsi Profil Anda dalam akun LinkedIn?

Profil LinkedIn berfungsi untuk meringkas pengalaman professional untuk diperlihatkan kepada koneksi Anda. Melalui bagian profil ini, Anda dapat menampilkan kehidupan professional baik dalam hal pekerjaan maupun dari aspek bisnis, kemudian riwayat dan keterampilan sekaligus minat Anda.

Dalam hal aspek bisnis, bagian ini dapat Anda pergunakan untuk memperkenalkan bisnis Anda, apa saja yang dilakukan dalam bisnis, sejak  kapan mulai melakukan bisnis dan banyak informasi lainnya.

Karena itu pergunakanlah bagian ini sebaik mungkin untuk memperkenalkan bisnis online Anda.

Apabila Anda masih memiliki pekerjaan, dan juga tetap menjalankan bisnis Anda sehingga mampu menjalankan bisnis sebaik mungkin, tentunya ini akan semakin baik untuk profil Anda.

Karena itu percantiklah profil Anda agar orang yang membaca profil ini dapat lebih mengenal Anda dengan baik!

Artikel terkait  Bikin Hashtag Mudah untuk Konten Olshop dengan Rekomendasi Hashtag Generator

2. Lengkapilah Lencana Anda!

Apa yang dimaksud dengan lencana?

Lencana adalah prestasi atau accomplishment yang Anda capai, sebagai contoh, bahasa yang Anda kuasai, kursus-kursus atau organisasi-organisasi yang diikuti temasuk jika Anda menjadi donatur, hingga project yang Anda ikuti atau kembangkan, semua dapat Anda publikasikan demi menambahkan kemasyuran diri sekaligus bisnis online Anda.

Hal positif yang dapat dibangun melalui ‘lencana’ ini adalah dapat membangun diri sekaligus membangun prestasi positif untuk bisnis online Anda melalui ‘lencana-lencana’ ini.

Sebagai contoh, di bagian language, Anda menguasai beberapa bahasa sekaligus, untuk diri Anda pribadi ini akan memudahkan dalam memperluas bidang bisnis sekaligus pasar Anda dikarenakan dapat berkomunikasi dengan orang asing, kemudian terlibat dalam berbagai project dengan beberapa orang sekaligus, dan orang-orang tersebut memberikan testimonial positif mengenai prestasi kerja Anda, baik dalam hal pekerjaan sekaligus alur bisnis.

Anda pun terlibat sebagai orang yang dermawan alias philantropis, juga terdapat sejumlah organisasi lainnya yang Anda ikuti, bukan hanya bersifat untuk keterampilan, tetapi juga kebugaran dan banyak sejumlah hal lagi yang dipublikasikan.

Tentunya orang akan menilai Anda sebagai orang yang positif, orang yang selalu mencari prestasi di bidang-bidang yang Anda tekuni, sehingga dapat dipercayai, baik dalam hal bisnis maupun pekerjaan.

3. Tambahkan Foto Profil yang Baik!

Seperti yang sudah dipahami bersama, LinkedIn adalah jaringan profesional, sosial media yang berbeda dari sosial-sosial media lainnya, seperti Facebook, Instagram apalagi Twitter. Karena itu akun LinkedIn Anda juga harus berbeda!

Sebagai contoh, apabila melihat beberapa pengguna Facebook memajang foto terbaik mereka, seperti wajah cantik, jalan-jalan dan sebagainya, mungkin untuk beberapa pengguna akan tergiur untuk bermaslahat, tetapi hal ini tidak akan terjadi di LinkedIn.

Sebagian besar pengguna LinkedIn adalah orang profesional yang menilai kualitas seseorang dari headline sekaligus deskripsi profil seperti pendidikan, pengalaman pekerjaan yang berisi portofolio pekerjaan sekaligus pengalaman bisnis, segi testimonial, pelanggan, dan sebagainya. Bukan menilai dari seberapa bagus foto profil Anda.

Jadi untuk akun LinkedIn, pilihlah yang pantas dan terkesan profesional. Kalau perlu, pilihlah foto yang paling terbaru.

4. Bangunlah Jaringan Anda!

Tambahkan keluarga, teman di masa lalu dan teman saat ini, sekaligus rekan profesional Anda, baik dari segi alur pekerjaan hingga hubungan bisnis. Anda juga dapat mem-follow seseorang, perusahaan atau topik yang menampilkan sumber yang direkomendasikan untuk dapat diikuti.

Anda juga dapat menggunakan fitur Acara LinkedIn, fitur ini dapat membuat sekaligus bergabung dengan acara profesional seperti lokakarya online, acara suatu penjualan atau pemasaran, seminar online, acara networking, dan lain sebagainya.

Dengan begitu jaringan Anda akan semakin berkembang, bukan hanya mendapatkan ilmu pengetahuan sekaligus keterampilan saja, tetapi Anda juga dapat semakin memperkenalkan diri, baik dari sisi profesional pekerjaan Anda, sekaligus dari sisi profesional alur bisnis Anda.  Dapat saling berkomunikasi untuk dapat saling mengenal satu sama lain dengan jaringan Anda.

Jaringan memainkan peranan penting dalam membuka kekuatan akun LinkedIn Anda. Melalui orang-orang yang diikuti ini, dapat membuka jaringan Anda, Anda juga dapat memahami apa yang terjadi di industri dan lingkungan profesional Anda.

Melalui orang-orang ini juga, Anda dapat membuka jaringan lain lagi, yang dapat lebih memahami hal-hal besar lainnya.

Jadi, semakin Anda memperluas jaringan, semakin bisa memahami apa yang terjadi di industri sekaligus lingkungan profesional Anda.

5. Berpartisipasilah dalam Percakapan!

Berpartisipasi dalam percakapan memungkinkan Anda berada dalam berbagai perspektif, mengenai masalah yang relevan sekaligus topik tertentu dengan orang lain, seperti mengenai kemanusiaan, alam sekitar, teknologi, penemuan baru, dan sekitarnya. Anda dapat menyukai sekaligus mengomentari posting atau artikel.

Untuk itu, Anda dapat membuat atau bergabung dengan fitur Grup LinkedIn untuk dapat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia sekaligus berkembang dengan anggota suatu grup tersebut, berbagi minat, pengalaman sekaligus aspirasi Anda.

Selain itu terdapat fitur menarik lainnya, yaitu LinkedIn Reaksi, yaitu serangkaian reaksi ringan yang dapat membuat Anda berkomunikasi dengan mudah dengan jaringan.

6. Berikan Testimonial!

Apabila Anda pernah berhubungan dengan orang lain dalam hal keprofesionalan, Anda dapat memberikan review yang baik mengenai orang tersebut melalui bagian Recommendation di akun LinkedIn Anda.

Hal ini dapat menjadi nilai tambah positif untuk Anda, orang yang melihat section ini dapat menilai jenis bisnis yang Anda jalankan dan bagaimana Anda menilai orang lain, bahkan orang pun dapat menilai bentuk kerja sama yang terjalin antara Anda dengan lingkaran alur keprofesionalan Anda.

Jangan pernah menunggu untuk mendapatkan testimonial positif, tetapi mulailah terlebih dahulu!

Artikel terkait  Kenali Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Berpotensi Menguntungkan

7. Buatlah Artikel Bermanfaat untuk Jaringan Anda!

Terdapat dalam suatu bagian di akun ini yaitu tempat membagikan pemikiran Anda, yakni membuat artikel, membagikan hasil riset Anda mengenai keterampilan yang digemari, yaitu yang terkait dengan bisnis atau pekerjaan Anda.

Informasi yang terbaru, belum pernah ada alias original, tentunya akan membuat orang tertarik untuk membacanya. Anda pun dapat membuat artikel dengan tema atau keterampilan yang disukai oleh Anda, dengan menggunakan sumber-sumber referensi yang Anda percayai.

Anda juga dapat mempromosikan bisnisyang dimiliki.

Semakin banyak artikel Anda disukai, maka besar kemungkinannya artikel tersebut akan dibagi-bagikan kepada pihak lainnya.

Dengan begitu, semakin banyak yang akan mengenal Anda dan bisnis Anda.

8.Posting Konten-Konten Bermanfaat!

Hampir lima ratus juta orang mengunjungi akun LinkedIn mereka, mereka saling terhubung, belajar dan berbagi. Anda dapat memberdayakan sekaligus mengedukasi lingkaran profesional jaringan Anda melalui konten-konten yang Anda bagikan. Anda pun dapat berbagi pemikiran sekaligus ide dengan menggunakan kotak berbagi.

Melalui kotak berbagi, Anda dapat membagikan macam-macam hal, seperti berbagi foto atau video, menciptakan event bermanfaat, hingga menulis artikel.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki bisnis kopi home made yang butuh pemasaran secara online, selain membagikan video cara membuat tipe kopi jenis tertentu di akun Youtube Anda atau media lainnya seperti Facebook, Anda juga dapat membagikannya ke akun LinkedIn Anda.

Jangan lupa promosikan nama bisnis Anda, hal-hal menarik atau bermanfaat seputar tutorial pembuatannya, dan dimana mendapatkannya, kemudian jangan lupa untuk selalu membalas percakapan yang dialamatkan pada video-video yang Anda bagikan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai langkah jitu membangun bisnis online melalui fitur-fitur khusus yang ada di akun LinkedIn.

Yuk disimak liputannya!

LinkedIn Campaign Manager

akun-linkedin-2

LinkedIn Campaign Manager adalah strategi manajemen iklan LinkedIn yang membantu Anda untuk membuat, meluncurkan, dan mengevaluasi kinerja kampanye iklan milik akun LinkedIn Anda dengan berdasarkan target marketing Anda alias program iklan berbasis sasaran.

Apa saja potensi yang terkandung dalam LinkedIn Campaign Manager?

Anda dapat meluncurkan kampanye iklan Anda dalam 23 bahasa untuk menjangkau jaringan profesional terbesar di dunia, selain itu di jaringan profesional LinkedIn Anda memiliki potensi audiens hingga 660 juta lebih anggota LinkedIn di lebih dari dua ratus negara.

Namun, untuk mendapatkan potensi sebesar ini, Anda harus dapat memenuhi target marketing, yang mendukung program marketing full-funnel. Ketika membuat kampanye iklan, Anda harus dapat memilih sasaran marketing Anda, seperti tingkat kesadaran awareness, kunjungan website, hingga opsi-opsi lainnya.

Tingkatan sasaran marketing yang Anda pilih akan menentukan format iklan, jenis anggaran sekaligus jenis tawaran yang tersedia untuk kampanye yang dibuat dengan menggunakan sasaran yang telah dipersiapkan.

Tentunya dengan potensi yang disiapkan oleh LinkedIn itu sendiri, berapapun jumlah anggaran yang Anda keluarkan, sekalipun jumlah anggaran tersebut kecil, namun dengan potensi yang disiapkan LinkedIn seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, tentunya hasilnya akan sebanding.

Melalui penataan sasaran ini juga, Anda juga dapat mengatur tingkat anggaran Anda untuk mengatur target marketing.

Artikel terkait  Ide, Tren dan Inovasi Bisnis Kesehatan Berbasis Teknologi | Inspirasi untuk Startup Baru

Mengatur Konten-Konten yang Anda Posting

Untuk menjaga kreativitas Anda, sembari menjalankan bisnis online Anda, Anda juga dapat menciptakan konten-konten menarik untuk menarik perhatian audiens yang tergabung dalam lingkaran profesional Anda, mulai dari video-video kreatif yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, hingga menciptakan alur cerita berbasis video yang membutuhkan pengeditan tetapi juga berhubungan dengan bisnis Anda.

Tentunya ini akan memberikan penyegaran kepada Anda karena Anda berkreasi, tetapi juga sembari mendapatkan harga untuk Anda sendiri juga.

Mengatur Event Melalui Kotak ‘Start a Post’

Anda pun dapat menciptakan acara live sendiri melalui kotak Start a Post, alias membuat dan meng-host acara online.

Saat Anda memilih untuk menyelenggarakan sebuah acara, Anda dapat memilih mengelolanya sebagai profil individual Anda sendiri atau sebagai Halaman LinkedIn sebagai Admin Halaman.

Saat Anda memilih untuk menjadi Admin Halaman alias Page Admin, berarti Anda telah mengatur suatu halaman khusus untuk Anda sendiri, dan saat menyelenggarakan acara, logo Acara atau sampul Acara akan default atau sama dengan logo dan gambar sampul halaman Anda.

Selain informasi seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda pun dapat membuat post berupa ucapan yang berisi slogan bisnis sekaligus mendesain logo bisnis dengan disertai slogan bisnis kemudian mempostingnya untuk mempromosikan bisnis Anda setiap saat.

Hal ini dapat dilakukan setiap lima menit sekali atau beberapa menit sekali, tergantung dari kebutuhan Anda!

Demikian informasi mengenai cara membangun bisnis online melalui akun LinkedIn Anda sendiri, tentunya, setelah membangun profil Anda sendiri yang terpercaya dan kuat, Anda dapat melanjutkannya dengan mengkampanyekan produk Anda dengan cara yang tertata dan strategis.

 

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya