Solusi Digital Untuk Bisnis UMKM

Pendapatan bisnis anda hanya segitu-segitu saja? Yuk, manfaatkan teknologi dan internet untuk menggaet lebih banyak pelanggan!

Saat ini, internet dan teknologi sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan betapa seringnya masyarakat mengandalkan gadget untuk membantu aktivitas mereka, salah satunya adalah berdagang. Kini, siapapun mampu melakukan transaksi jual beli hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet saja. Termasuk Anda yang memiliki bisnis UMKM dan ingin memperlebar sayap pasar Anda.

Internet memiliki segudang keuntungan sebagai lapak berjualan. Dengan memasarkan dagangan secara online, Anda dapat menjangkau sebanyak-banyaknya pembeli dari seluruh penjuru Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Hal ini tentunya tidak dapat dilakukan jika bisnis UMKM Anda hanya berupa toko atau kios offline.

Keuntungan bagi pedagang online pun sangat terasa terutama di tengah maraknya pandemi virus Corona saat ini. Pemerintah kini menetapkan physical dan social distancing untuk masyarakat selama wabah virus berlangsung. Hal ini memberi dampak negatif pada banyak usaha kecil dan menengah yang tokonya sepi pembeli. Tentunya, peluang berujung kebangkrutan pun menghantui banyak pelaku bisnis kecil dan menengah (UMKM). Tetapi, dengan memanfaatkan teknologi digital, bisnis anda tetap aman karena transaksi dapat berlangsung dari rumah melalui gadget.

Teknologi digital merupakan solusi cerdas bagi pelaku bisnis UMKM untuk mempertahankan usahanya dalam kondisi apapun, termasuk di tengah wabah virus Corona. Yuk, simak cara memanfaatkan teknologi digital untuk menggaet lebih banyak pelanggan!

5 Tips Mudah Memaksimalkan Bisnis UMKM Via Online

bisnis umkm

Memaksimalkan bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) tentunya tidak sesederhana membalikkan telapak tangan. Diperlukan trik yang tepat dan usaha yang keras untuk membesarkan usaha Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir. Dengan memanfaatkan teknologi digital, Anda kini bisa memperluas pasar dagangan Anda dengan sangat mudah seperti sedang bermain media sosial sehari-hari saja.

Berikut adalah sejumlah tips dan trik untuk Anda pemilik bisnis UMKM yang ingin membesarkan usaha.

Membuat Akun Toko Online di Situs E-Commerce Terkenal

tokopedia

Seperti halnya toko offline yang memiliki “tempat” khusus untuk berjualan, sebelum memulai bisnis online, Anda harus memiliki “tempat” jualannya terlebih dahulu. Tempat berjualan secara online yakni berupa akun toko. Transaksi jual beli secara online nantinya akan berlangsung di akun toko anda. Cara membuat akun toko pun sangat mudah, seperti membuat akun media sosial pada umumnya.

Dimana Anda bisa membuat akun toko online? Saat ini sudah ada banyak situs, website maupun aplikasi penyedia jasa layanan jual beli. Situs-situs ini biasa dikenal sebagai e-commerce, atau electronic commerce, dan dalam Bahasa Indonesia berarti perdagangan secara elektronik. Adapun contoh-contoh situs e-commerce yang terkenal seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Anda tentunya sangat bisa membuka toko online Anda sendiri di salah satu situs e-commerce tersebut, sebab situs-situs tersebut telah digunakan oleh ribuan masyarakat Indonesia untuk menjual dan membeli barang.

Anda juga bisa membuka toko online di media sosial biasa seperti Instagram dan Facebook. Ada banyak sekali online shop yang kini menawarkan produk-produk mereka hanya melalui akun Instagram dan Facebook saja.

Pilihan ini dapat Anda gunakan juga tentunya, sebab ada ratusan ribu hingga jutaan pengguna Instagram serta Facebook dari seluruh dunia yang bisa Anda tawarkan produk dagangan. Selain itu, aktivitas berdagang melalui media sosial dapat Anda lakukan semudah meng-upload status baru.

Menggunakan Nama Akun yang Menarik dan Mudah Diingat

Tahap berikutnya setelah membuat akun adalah menggunakan nama akun yang mudah diingat untuk toko Anda. Mengapa memilih nama akun itu penting? Tentu saja untuk memudahkan pembeli mengingat toko Anda ketika mereka mencari barang. Penting untuk diingat bahwa jumlah toko online ada begitu banyak, jadi Anda harus membuat nama toko yang unik, menarik dan mudah diingat oleh calon konsumen. Kalau Anda menggunakan nama toko yang rumit atau tidak menarik, kecil kemungkinan calon konsumen akan tertarik atau mengingat nama toko Anda di antara ratusan toko online lainnya.

Memanfaatkan Fitur Gratis Ongkos Kirim

Salah satu kendala dari berjualan secara online adalah adanya biaya tambahan untuk pengiriman barang atau ongkos kirim. Tak sedikit konsumen enggan berbelanja online karena malas membayar ongkos tambahan untuk pengiriman barang mereka. Tarif ongkos kirim pun bervariasi, tergantung pada jauh-dekatnya jarak toko dengan alamat rumah si pembeli.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini sudah banyak penyedia e-commerce yang memberikan fitur gratis ongkos kirim. Fitur ini dapat digunakan oleh penjual maupun pembeli. Apabila Anda berjualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak, maka Anda akan dapat memanfaatkan fitur gratis ongkos kirim yang disediakan untuk toko Anda. Pembeli pun akan turut senang berbelanja di toko Anda sebab mereka tidak perlu memusingkan biaya tambahan untuk pengiriman pesanan mereka.

Melakukan Promosi Produk Setiap Hari

promosi

Salah satu kunci kesuksesan perdagangan terletak pada promosi. Toko yang aktif dan rajin melakukan promosi akan memiliki peluang besar untuk menggaet konsumen. Melalui promosi, Anda dapat memberitahukan kepada konsumen mengenai keberadaan toko Anda, barang-barang yang Anda jual, dan penawaran-penawaran menarik lainnya.

Selain itu, toko Anda akan lebih diingat oleh calon konsumen yang melihat produk Anda setiap hari di sosial media mereka. Apabila nanti calon konsumen ingin membeli produk tersebut, maka ia akan memilih berbelanja di toko Anda.

Promosi yang Anda lakukan bisa mencakup foto barang dagangan disertai informasi diskon produk. Anda cukup meng-upload foto terbaik dari dagangan Anda dibarengi informasi diskon yang menggiurkan. Saat ini, kebanyakan pedagang online melakukan promosi dagangan mereka disertai diskon produk. Dengan kemudahan teknologi digital berupa ambil foto dan upload, Anda bisa menawarkan diskon kepada konsumen setiap hari. Calon konsumen yang tergiur melihat diskon di toko anda pun bisa “mampir” untuk berbelanja.

Rajin Meng-Upload Testimoni Pelanggan

Kepercayaan pelanggan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya jika Anda melakukan bisnis secara online. Kadangkala, konsumen enggan berbelanja online dikarenakan maraknya aksi penipuan saat belanja online. Alasan kedua adalah jeleknya kualitas barang yang dibeli secara online, sehingga pelanggan merasa tidak puas dan berhenti belanja di toko Anda. Hal ini harus Anda hindari demi menjaga loyalitas pelanggan agar tidak kabur.

Cara terampuh untuk mendapat kepercayaan konsumen adalah dengan meng-upload testimoni dari pelanggan sebelumnya yang pernah berbelanja di toko Anda. Semakin banyak testimoni baik dari pelanggan sebelumnya yang Anda dapatkan, maka calon pembeli akan merasa yakin dengan keamanan berbelanja di toko Anda. Selain itu, calon pembeli pun dapat menilai baik-buruknya kualitas barang dagangan Anda dengan membaca testimoni yang ada.

Tapi kalau Anda mendapatkan testimoni yang kurang baik dari pelanggan, ulasan tersebut jangan langsung diabaikan, ya! Jadikan ulasan pelanggan yang kurang baik sebagai masukan bagi Anda untuk memperbaiki kualitas toko Anda. Dengan demikian, kualitas toko online anda pun akan semakin baik.

Nah, itulah sejumlah tips dan trik mudah yang Anda bisa terapkan apabila ingin mulai merintis bisnis UMKM dengan memanfaatkan tekonologi digital. Tips-tips di atas tergolong mudah sekaligus sederhana namun dapat memaksimalkan keuntungan usaha anda. Selamat mencoba!

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol