Ingin Buka Usaha? Lakukan Analisis Peluang Usaha Ini Dulu Ya!

Pernahkah Anda merasa kurang PD untuk membuka suatu usaha? Ada rasa kekhawatiran untuk memulai suatu usaha. Makadari itu sebelum Anda membuka suatu usaha apakah Anda tahu apa itu analisis peluang usaha dan betapa pentingnya untuk menganalisis? Artikel kali ini akan membahas tentang peluang usaha bagi Anda yang ingin membuka suatu usaha. Silahkan baca artikel berikut ini.

Pentingnya Analisis Peluang Usaha

analisis peluang usaha

Analisis peluang usaha adalah sebuah kegiatan menilai dan menyelidiki seberapa besar kemungkinan pangsa pasar dapat dikuasai sehingga dapat membuat perkiraan penjualan pada perusahaan dimasa mendatang.

Analisis peluang usaha perlu untuk dilakukan agar tidak terjadi kemungkinan buruk berupa salah dalam membuat perkiraan penjualan yang nantinya akan merugikan perusahaan.  Dalam memulai sebuah usaha salah satu hal yang wajib Anda lakukan adalah menganalisis peluang usaha yang akan Anda rintis, jangan terlalu gegabah memulai usaha tanpa melakukan analisis pasar terhadap peluang usaha Anda. Berikut pentingnya dilakukan analisis peluang usaha.

  1. Mengetahui keinginan konsumen terhadap sebuah produk dan jasa
  2. Mengetahui apakah produk/jasa dibutuhkan oleh pasar setempat.
  3. Mencegah terjadinya kerugian
  4. Mengetahui teknik pemasaran yang harus dilakukan
  5. Mengetahui apakah usaha yang akan dirintis saat ini layak untuk dijalankan
  6. Mengetahui siapa saja pesaing yang akan ikut bersaing dalam usaha Anda
  7. Mengetahui berapa lama usaha Anda akan bertahan dan inovasi apa yang akan Anda lakukan pada usaha Anda.

Metode Analisis Peluang Usaha

metode analisis

Dengan menganalisis setidaknya akan sangat membantu bagi Anda pemula yang baru saja akan membangun usaha Anda. Dalam menganalisis peluang usaha diperlukan berbagai macam metode, berikut metode yang dapat Anda terapkan.

Analisis Balanced Scorecard

Analisis peluang usaha balanced scorecard merupakan sebuah penilaian yang menggunakan alat pengukur kinerja eksekutif yang memerlukan ukuran komprehensif dengan perspektif bisnis, keuangan, pelanggan dan pertumbuhan serta pembelajaran (menurut Kaplan dan Norton, 1996).

  • Perspektif Bisnis
    Analisis ini dilakukan dengan cara value-chain, dimana manajemen dapat mengidentifikasi seberapa baik bisnis mereka berjalan dan apakah produk/jasa yang mereka tawarkan disukai oleh pelanggan atau tidak.
  •  Perspektif Keuangan
    Ukuran keuangan dijadikan acuan untuk menunjukkan apakah perencanaan dan strategi perusahaan memberikan perbaikan peningkatan keuntungan atau justru terjadi penurunan keuntungan hingga kerugian.
  • Perspektif Pelanggan
    Pengakuan konsumen kini telah menjadi sebuah penilaian penting dalam menilai apakah produk/jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan banyak disukai atau justru lebih tidak memuaskan sehingga membuat konsumen mencari perusahaan lain.
  • Perspektif Pertumbuhan dan pembelajaran
    Analisa peluang usaha ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan jangka panjang. Pembelajaran dan pertumbuhan bersumber dari faktor Sumber Daya Manusia, Sistem dan Organisasi.

Analisis SWOT

swot

SWOT merupakan singkatan dari strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), Opportunitie (peluang), dan Threats (ancaman). Analisa SWOT merupakan cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor peluang usaha secara sistematis untuk membuat strategi perusahaan. Analisis SWOT telah lama digunakan oleh para ahli management untuk mengalisis sebuah peluang usaha sehingga mereka dapat menemukan seberapa besar pesaing usaha yang akan mereka temui nantinya.

Model Analisis SWOT

model analisis swot

Analisis SWOT melakukan perbandingan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Faktor internal akan dimasukkan ke dalam matriks ISFAS (Internal Strategic Factor Analisis Summary).

Faktor Strategi Internal Bobot Rating Bobot x Rating Keterangan
Kekuatan
1.
2.
3.
Dst
Kelemahan
1.
2.
3.
Dst
Total

Sumber : (David, 2004)

Faktor eksternal dimasukkan ke dalam matrik ESFAS (Eksternal Strategic Factor Analisis Summary)

Faktor Strategi Internal Bobot Rating Bobot x Rating Keterangan
Peluang
1.
2.
3.
Dst
Ancaman
1.
2.
3.
Dst
Total

Sumber : (David, 2004)

Matriks SWOT

matriks swot

Matriks SWOT merupakan sebuah alat yang dipakai untuk membuat rumus faktor faktor strategis perusahaan. Berikut contoh matriks tersebut.

Faktor Internal / Faktor Eksternal Strengths (S)
Faktor Kekuatan
Weakness (W)
Faktor Kelemahan
Opportunities (O)
Faktor Peluang
Strategi SO Strategi WO
Treaths (T)
Faktor Ancaman
Strategi ST Strategi WT

Sumber : (Freddv Rangkuti, 2005)

Pembahasan

pembahasan

  1. Kekuatan, Peluang (SO) artinya perusahaan membuat strategi dengan menggunakan kombinasi kekuatan dan peluang yang dapat memanfaatkan kekuatan untuk membuka peluang yang banyak.
  2. Kelemahan, Peluang (WO) artinya perusahaan harus menentukan strategi dimana meminimalkan kelemahan yang akan muncul dengan memanfaatkan peluang yang dapat menguntungkan bagi perusahaan.
  3. Kekuatan, Ancaman (ST) artinya perusahaan dapat membuat strategi dengan memanfaatkan semaksimal mungkin dari kekuatan organisasi, management, keuangan dan marketing untuk mengatasi ancaman yang ada.
  4. Kelemahan, Ancaman (WT) artinya perusahaan harus membuat strategi dimana perusahaan harus bersiap meminimalkan kemungkinan kelemahan yang akan datang dari pesaing dan mengatasi ancaman yang akan menyerang perusahaan,

Dengan dilakukannya analisa SWOT Anda akan lebih mudah melakukan analisis peluang usaha dan melakukan siasat persaingan tanpa diketahui oleh para pesaing Anda, sehingga strategi yang Anda buat tidak akan dapat diantisipasi.
Selain itu dengan adanya analisa SWOT perusahaan yang Anda rintis akan memiliki tenaga kerja yang mampu menganalisis dan berdisiplin serta kemampuan dalam menjalankan operasional perusahaan.
Selain dua metode diatas adapula 5 cara menganalisis peluang usaha. Berikut penjelasannya.

  1. Membuat rancangan rencana bisnis
    Setelah menemukan ide tentang bisnis apa yang akan Anda bangun, merancang sebuah rencana bisnis tentu saja menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan. Contoh rencana bisnis yang dapat Anda terapkan adalah bussines plan model canvas.
  2. Mengidentifikasi adanya peluang dan persaingan
    Ada baiknya sebelum Anda memulai usaha lakukanlah identifikasi pasar dimana apakah produk/jasa yang Anda tawarkan dapat diterima oleh konsumen dan terobosan apa yang sudah digunakan oleh kompetitor Anda.
  3. Modal untuk mengembangkan usaha
    Modal merupakan bagian terpenting dalam analisis peluang usaha sebelum Anda memulai sebuah bisnis. Perlu perhitungan yang pas berapa modal yang harus Anda persiapkan untuk menjalankan usaha yang Anda impikan.
  4. Memiliki kemampuan produksi
    Apabila produk/jasa yang Anda tawarkan memerlukan proses produksi, sudahkah Anda tahu peralatan apa saja yang Anda butuhkan? Sudah dipersiapkankah alat tersebut? Hal ini menjadi penting agar Anda tidak kelabakan saat akan menerima banyak pesanan nantinya.
  5. Memiliki sumber dana
    Hal terpenting selanjutnya adalah Anda harus menentukan dari manakah sumber dana yang akan Anda gunakan untuk membangun bisnis Anda ini? Apakah berasal dari dana pribadi Anda sendiri, dari kredit bank atau Anda akan bekerjasama dengan investor yang akan menanamkan modal untuk perusahaan Anda dan Anda memberikan beberapa % saham perusahaan untuk mereka?

Itulah penjelasan mengenai analisis peluang usaha yang dapat Anda pelajari. Anda tak perlu lagi takut untuk memulai bisnis dan semoga berhasil!

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol