Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Bisnis Optimalkan Kanal Youtube Anda dengan Memahami Cara Kerja Algoritma...

Optimalkan Kanal Youtube Anda dengan Memahami Cara Kerja Algoritma Youtube 2020

-

Secara sadar tidak sadar, setiap orang yang memiliki akun Google pastinya secara otomatis sudah memiliki akun Youtube. Anda tidak akan bisa menikmati layanan Youtube seperti like ataupun dislike video, melihat history, membuka video yang Anda download di Youtube, watch later, membuat playlist dan menggunakan fitur-fitur Youtube lainnya tanpa melakukan login dengan akun Google Anda terlebih dahulu.

Hanya dengan bermodalkan akun Youtube, Anda juga sudah bisa membuat kanal video Youtube Anda sendiri. Anda bisa membagikan berbagai video melalui kanal pribadi Anda.

Baik dengan tujuan hanya untuk berbagi informasi sampai dengan meraih pundi-pundi keuntungan. Pada tahun 2020 ini, Anda akan sangat mudah sekali untuk menemukan pekerjaan yang berkaitan dengan digitalisasi, media dan online.

Penghasilan dari Youtube

algoritma-youtube

Salah satunya yaitu, sebagai content creator. Content creator adalah orang yang membuat konten berupa video, gambar, maupun tulisan. Youtube yang merupakan salah satu media online, juga sangat bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Bukan hanya menjadi sekedar platform untuk menghilangkan rasa bosan. Bahkan bagi beberapa orang, ada juga yang menjadikan Youtube sebagai tempat mereka bekerja secara full time. Jadi orang yang bekerja membuat video pada Youtube bisa disebut juga sebagai content creator atau tepatnya sebagai Youtube Creator.

Tak jarang juga mereka menamai diri mereka dengan sebutan lain seperti Beauty Influencer ataupun Beauty Enthusiast dan lain-lainnya sesuai dengan bidang yang mereka fokuskan. Untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube bisa dilakukan melalui berbagai cara.

Mulai dari monetisasi Youtube (memasang iklan pada video Youtube Anda) sampai dengan bekerja sama dengan beberapa online shop bahkan brand-brand terkenal untuk memasarkan produk mereka melalui video Anda.

Algoritma Youtube

Untuk membuat kanal Youtube Anda banyak memiliki viewers dan mengoptimalkannya, selain membuat konten yang menarik Anda juga perlu mengetahui soal algoritma Youtube.

Algoritma ini ada untuk mengatur persebaran konten yang ada di Youtube. Algoritma Youtube ini akan membantu penggunanya untuk menemukan konten sesuai dengan pilihan dan selera si pemakai.

Semakin banyak Anda belajar algoritma Youtube dan mengetahui algoritma Youtube, maka semakin besar peluang bagi video Anda untuk sering muncul saat orang-orang sedang mencari konten untuk ditonton.

Algoritma Youtube dari tahun ke tahun selalu berubah, maka dari itu Anda harus selalu belajar untuk memahami algoritma Youtube agar tetap dapat memaksimalkan video Anda dan meraih banyak viewers.

Karena tujuan utamanya memang untuk menghasilkan penghasilan bagi Anda melalui video yang telah Anda upload. Coba kita kembali sedikit membahas mengenai perkembangan algoritma Youtube dalam beberapa tahun sebelum dan pada tahun 2020.

Artikel terkait  Contoh Inovatif dalam Kewirausahaan | Apa Perbedaan Inovatif dan Kreatif?

Algoritma Youtube 2012 – 2016

Cara kerja algoritma pada periode ini, algoritma Youtube lebih mendukung video sesuai dengan durasi video dan lama menontonnya. Jadi para creator saat itu berfokus untuk membuat konten yang bagus dan menarik agar banyak orang yang menonton video tersebut sampai habis dan membuat akumulasi dari durasi menonton video tersebut jadi lebih banyak.

Algoritma Youtube 2017

Ditahun ini, YouTube mencoba mulai merubah cara kerja dari algoritmanya dengan lebih memperhatikan kualitas konten yang diupload para creator. Berlakunya algoritma baru ini diharapkan dapat mencegah serta mengurangi konten-konten mengenai penodaan agama atau bahkan kepentingan kekuasaan.

Algoritma Youtube 2018

Tahun 2018 ini, Youtube kembali merubah algoritmanya dengan mengurangi jumlah kanal-kanal video Youtube yang harus dipantau oleh suatu kelompok.

Algoritma Youtube 2019

Youtube mulai menghentikan fitur rekomendasi pada tayangan video berikutnya yang memiliki kesamaan isi konten yang telah Anda tonton. Rekomendasi yang muncul akan berbeda dari topik video yang telah Anda tonton.

Algoritma Youtube 2020

Ditahun ini Youtube kembali melakukan perubahan pada algoritmanya. Salah satu perubahannya yaitu, peraturan terbaru mengenai konten yang melibatkan anak-anak. Creator yang membuat video dengan konten anak-anak (memperlihatkan keseharian si anak ataupun kegiatan anak lainnya) tidak akan mendapatkan monetize atau iklan dari tiap video yang ditayangkan.

Dari penjabaran tadi, kita bisa mengetahui bahwa hampir tiap tahunnya algoritma Youtube selalu berubah-ubah. Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mendorong video Anda tetap eksis dengan memanfaatkan algoritma yang sedang berlaku.

Artikel terkait  Setting Email Outlook dengan Mudah Pake Cara Ini

Algoritma Youtube 2020

algoritma-youtube-3

Youtube memang rutin memperbaharui algoritma mereka demi dapat mendistribusikan konten terbaik bagi para penggunanya. Meskipun sering berubah-ubah namun masih ada beberapa algoritma yang tetap sama dari waktu ke waktu.

Contohnya seperti faktor metadata dan juga engagement. Youtube akan memastikan metadata yang terdapat pada video-video yang Anda upload, seperti judul, keyword dan deskripsi yang ada pada video sesuai dengan apa yang pengguna Youtube cari atau butuhkan. Faktor judul, keyword dan deskripsi yang tepat akan mendorong peringkat video Anda lebih tinggi di pencarian Youtube.

Jika Anda ingin video Anda ditampilkan saat pengguna mengetikkan keyword yang ingin mereka cari pada fitur “telusuri”, jadi pakailah judul yang sekiranya akan terpikir oleh pengguna saat ingin mencari konten yang mirip dengan konten yang Anda buat. Jika judul video Anda menggunakan bahasa gaul, kemungkinan Youtube tidak akan mengerti dan tidak akan menampilkan video Anda di hasil pencarian walaupun video Anda relevan dengan keyword yang dicari.

Jika Anda tetap ingin menggunakan bahasa gaul tapi juga ingin muncul di pencarian, maka Anda bisa menyiasatinya dengan memasang thumbnail menggunakan bahasa gaul untuk menarik calon viewer agar menonton video Anda tapi tetap menggunakan inti judul yang banyak digunakan.

Sedangkan untuk poin engagement hampir sama untuk semua media-media online lainnya. Pada poin ini Youtube akan menilai berdasarkan seberapa banyak komentar yang ada pada video Anda, jumlah like dan berapa banyak orang yang membagikan video Anda.

Apakah engagement tersebut bersifat positif atau negatif. Semakin banyak jumlah penontonnya, maka semakin besar kesempatan untuk muncul pada tampilan hasil pencarian. Selain itu, ada juga fitur penyaranan dari Youtube.

Fitur ini terbagi menjadi beberapa poin yaitu recommended, YouTube mixes, <Channel> viewers also watch, recently uploaded, up next video, trending, subscriptions. Berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa poin tersebut :

Artikel terkait  5 Alasan Knowledge Management Diperlukan Oleh Perusahaan

Recommended

Recommended video ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa elemen, seperti keyword, durasi video, rasio like atau dislike dan seri episode. Biasanya seri episode akan sering muncul pada fitur ini.

Fitur ini akan sering sekali menyarankan Anda untuk menonton seri lanjutan dari episode yang telah Anda tonton. Jadi Anda bisa menyiasatinya dengan membuat konten berepisode agar bisa meraih penonton yang akan menonton seri lanjutan konten Anda ketika mereka telah menyelesaikan seri pertamanya.

Youtube Mixes

 Fungsi ini dapat membantu Anda secara jangka panjang. Mixes merupakan playlist yang dibuat Youtube berdasarkan video-video yang sudah pernah pengguna tonton sebelumnya dan selipan beberapa video baru.

Fungsi ini sangat bagus bagi Anda yang memiliki konten musik ataupun konten yang tetap bagus untuk ditonton berulang. Fungsi ini juga akan menaikan jumlah viewers Anda karena terus ditonton secara berulang.

Recently Uploaded

Fungsi ini merupakan kombinasi antara subscription dan recommended. Fungsi ini akan menyarankan video berdasarkan history tontonan pengguna dan juga berdasarkan kanal yang telah pengguna subscribe.

Nantinya akan ada pemberitahuan pop-up soal video baru yang Anda upload kepada subscriber ataupun orang-orang yang pernah menonton video Anda. Fitur ini cukup bagus untuk menjadi reminder bagi para subscriber bahwa Anda telah mengupload video baru dan juga meningkatkan jumlah penonton pada minggu-minggu pertama.

Fitur-fitur penyaran ini memang tidak bisa Anda kendalikan, karena beberapa fitur juga tergantung apakah pengguna Youtube men-subscribe kanal Anda atau tidak. Algoritma yang pastinya bisa Anda kendalikan adalah dari poin engagement dan juga metadata.

Jadi jangan lupa untuk terus menghasilkan konten yang berkualitas agar viewers dan likenya bertambah serta membuat orang ingin men-subscribe kanal Anda dan akhirnya memiliki kesempatan lebih besar untuk memanfaatkan algoritma penyaran dari Youtube.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya